Cintai.Net - Situs Wedding Indonesia

Istilah Pakaian Adat Pernikahan derah Sumatera

62

Istilah pakaian adat pernikahan derah sumatera. Tahukah anda, jika pakaian adat adalah slah asatu ragam budaya bangsa Indonesia. Indonesia mempunyai banyak sekali suku-suku dan provinsi, tidak kaget lagi jika di Indonesia banyak sekali beraneka macam pakaian adat yang dikenakan setiap suku yang berada di wilayah Indonesia yang begitu luas ini. Terlalu banyaknya suku, oleh karena itu setiap suku mempunyai keunikan tersendiri dalam menggunakan baju adat.

Tahukah anda jika di setiap provinsi yang masih satu pulau di Indonesia memiliki cirri khas tersendiri? Dan masing-masing provinsi tentunya memiliki keunikan tersendiri yang sangat beragam. Berikut adalah istilah pakaian adat pernikahan yang berada di daerah sumatera:

Pakaian tradisional sumatera barat.
pakaian tradisionalnya di bagi menjadi dua, yaitu pakaian penghulu, dan pakaian adat bundo kanduang.

Pakaian adat sumatera utara.
pakaian tradisianalnya di namakan ulos, ulos dianggap sebagai jimat dan memilika daya magic.

Pakaian tradisional aceh.
pakaian tradisionalnya disebut ulee baling. Ulee baling digunakan oleh para raja dan keluarganya.

Pakaian tradisional riau.
pakaian tradisional ini juga bisa disebut dengan pakaian melayu. Tapi pakaiannya ada 3 macam tergantung derahnya, yaitu: siak riau, Indragiri riau, dan bengkalis riau.

Pakaian tradisional jambi.
pakaian adat jambi sama dengan pakaian adat riau, namun pakaian adat jambi lebih mewah dari pada riau. Karena pakaian adat jambidi sulam dengan benang emas dan diberi hiasan untuk kelengkapannya.

Pakaian tradisional Bangka Belitung.
pakaian adatnya disebut dengan paksian. Pengantin wanita biasanya menggunakan baju kurung berwarna merah yang bahannya dari kain sutera. Untuk wanita memakai aksesoris kepala seperti mahkota, dan penagntin pria menggunakan sorban.

Pakaian tradisional lampung.
pakaian adatnya biasanya warna putih yang paling mendominasi dengan diselingi motif warna merah dan juga kuning keemasan.

Pakaian tradisional sumatera selatan.
pakaian adatnya disebut dengan aaesan gede, nama ini terinspirasi dari jaman kerajaan sriwijaya.